Resensi buku Fiksi dan Non Fiksi

 

RESENSI BUKU FIKSI

 

 

Identitas Buku

a. Judul Buku                                : Hadiah Dari Rantau

b. Nama Pengarang                       : Ismet Fanany

c. Nama Penerbit                           : Angkasa Bandung

d. Tempat Penerbitan                    : Bandung

e. Tahun Penerbitan                      : Tahun 2000

f. Tebal/Jumlah halaman               : VIII + 176

g. Sampul Buku                            : Ada

 

Ismet Fanany menggambarkan keragaman kisah kehidupan masyarakat asli Sumatera Barat khususnya suku Minangkabau dalam dimensi waktu yang bervariasi mulai sejak zaman penjajahan hingga modern dalam kumpulan cerpennya Hadiah Dari Rantau. Ismet Fnany adalah seorang cerpenis dan kolumnis yang karyanya banyak dipublikasikan di Harian KOMPAS. Hadiah Dari Rantau merupakan salah satu diantara 17 cerpen dalam buku yang diterbitkan Juni tahun 2000 tersebut.

Buku ini diarahkan untuk menambah imajinasi pembaca dan mencoba untuk memotivasi mereka yang mau belajar dalam memaknai hidup.

Memberikan pertimbangan  kepada pembaca dalam  menentukan apakah sebuah buku pantas dibaca atau tidak. Memberikan informasi atau pemahaman komprehensif tentang isi sebuah buku. Mengajak pembaca memikirkan, merenungkan, mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problem dalam buku. Menjelaskan tentang siapa pengarangnya, alasan menulis isi pernyataan, hubungannya dengan pengarang latin, hubungan buku – buku sejenis. Menjawab berbagai pertanyaan seputar buku yang baru terbit.

Secara keseluruhan tema yang diangkat dalam buku ini adalah  kebiasaan suku Minangkabau yaitu merantau. Kenyataaan sosial itu menjadi pondasi kumpukan cerpen ini.

Hadiah Dari Rantau adalah yang diambil sebagai judul kumpulan cerpen ini. Cerpen ini bercerita mengenai kebiasaan merantau orang asli suku Minangkabau, yang disini adalah pria bernama Samsir yang telah pulang merantau dari Amerika Serikat menempuh pendidikan Doktor. Ketika diketahui masyarakat kampung, akhirnya banyak keluarga yang memiliki anak gadis, menyodorkan anak gadisnya itu untuk dijadikan istri. Dalam adat Minang, keluarga perempuanlah yang melamar, tetap Samsir tidak berpikir sejalan sehingga sebelum ia dilamar maka dia akan lebih dulu melamar secara pribadi gadis yang ia nikahi.

Cerpen-cerpen yang disuguhkan dalam buku ini cukup bervariasi sehingga menyegarkan pengetjahuan pembaca.  Buku ini juga melukiskan tradisi ketimuran yang unik tentang manusia dan nilai-nilai persentuha antarbudaya. Beberapa cerpen memotret persoalan kemanusiaan yang terombang-ambing dalam pergeseran kebudayaan tersebut. Tidak terlalu menonjolkan majas dan perumpaan seperti cerpen kebanyakan. Pencitraan latar pun cukup jelas dan variatif.

Ada beberapa istilah atau nama tempat asing yang mungkin agak sulit dipahami pembaca awam, yaitu tempat-tempat yang latarnya di luar negeri, khususnya Amerika dan Australia. Sehingga agak sulit dibayangkan langsung oleh pembaca. Selain itu, ada pula beberapa cerpen yang butuh pemahaman yang cukup tinggi untuk tidak terkecoh dan awal cerita yang langsung percakapan dengan logat melayu.

Pada novel ini juga menggambarkan berbagai nilai kehidupan, seperti perjuangan dalam mencapai cita-cita, seorang yang berpendirian teguh, serta nilai religius yang seharusnya tidak ditinggalkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RESENSI BUKU NON FIKSI

 

Identitas Buku

Judul : Biologi untuk SMA Kelas XII

Pengarang :Supiyanto, dkk

Editor : Retno Widjajanti, S.Si

Hindrina Perdhana Sari, S.Si

Penerbit : Erlangga

Tahun Terbit : 2007 (cetakan pertama)

Tebal Halaman : 182 halaman

Kategori Buku : Pendidikan – Pengetahuan (Non fiksi)

 

Drs. Supiyanto, M.Si., memperoleh pendidikan S-1 pada jurusan biologi, UNESA, dan lulus tahun 1993. Pendidikan S-2 diperoleh pada jurusan biologi, UI. Beliau yang sekarang masih aktif sebagai seorang perwira polisi, memiliki pengalaman mengajar yang cukup banyak, baik di sekolah formal dan non formal, maupun di perguruan tinggi. Komitmen yang cukup tinggi terhadap pendidikan biologi di indonesia mengantarkannya menjadi tim membahas soal-soal biologi pada buku-buku erlangga sebelum akhirnya menulis buku ini

Buku materi Biologi untuk SMA Kelas XII Semester 1 ini diarahkan untuk membantu

para peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar biologi. Oleh karena itu buku ini disusun dengan materi yang lengkap dan  terpadu,  meskipun di dalamnya masih perlu banyak pembenahan dalam percetakan  khususnya.

Memberikan pertimbangan  kepada pembaca dalam  menentukan apakah sebuah buku pantas dibaca atau tidak. Memberikan informasi atau pemahaman komprehensif tentang isi sebuah buku. Mengajak pembaca memikirkan, merenungkan, mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problem dalam buku. Menjelaskan tentang siapa pengarangnya, alasan menulis isi pernyataan, hubungannya dengan pengarang latin, hubungan buku – buku sejenis. Menjawab berbagai pertanyaan seputar buku yang baru terbit.

Setelah membaca buku ini saya mendapatkan ilmu biologi secara lebih mendalam.

Buku ini terdapat 5 bab untuk dipelajari dalam satu semester, di antaranya ialah : Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan, Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Pengertian Metabolisme , Enzim, Katabolisme, Anabolisme

Kromosom ,gen dan alel , DNA ,RNA , Gen aktif dan tak aktif ,Mutasi Perangkat Pelaksanaan Sintesis polipeptida , mekanisme sintesis protein. Pembelahan Sel secara langsung dan secara tak langsung .

Dalam KTSP standar isi 2006 di setiap bab terdapat tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan standar kompetensi untuk para siswa serta dilengkapi dengan uji kompetensi tiap bab dengan soal pilihan ganda dan uraian dan di akhir juga terdapat kompetensi ulangan akhir semester .

Buku ini dilengkapi oleh Glosarium, yang akan memudahkan mencari istilah – istilah

biologi secara keseluruhan pada buku ini. Indeks. Serta latihan ulangan umum setiap bab maupun di semester. Topik disajikan secara mendetail. Terdapat proyek penelitian mandiri Bioriset agar siswa dapat mengembangkan keterampilan ilmiah. Biolab dan tugas dirancang untuk mendukung proses belajar agar siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Buku ini dicetak dengan sampul yang berwarna tetapi setelah kita

melihat dalamnya saya harus siap untuk bosan, karena gambar-gambar dicetak

dalam 2 warna saja.

                   Buku ini mengandung nilai diantaranya yaitu nilai pendidikan yaitu mengajarkan kepada pembaca agar mengerti akan suatu ilmu yang berhubungan dengan makhluk hidup.

           

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s